Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Serta Pencegahannya

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Serta Pencegahannya

Perut kembung pada bayi kini tidak menjadi masalah lagi untuk bunda karena ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Bunda tidak perlu khawatir berlebihan jika mendapati perut buah hati sedikit keras dan buang gas. Bisa jadi itu adalah pertanda perut mereka kembung dan membuat mereka tidak nyaman. Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang mudah dan praktis dapat anda pelajari di sini. Selain itu anda juga dapat mempelajari cara pencegahan yang juga sangat mudah dilakukan.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

1. Pijatan

Bunda dapat menggunakan cara ini untuk mengatasi kembung pada si buah hati. Pertama-tama, bunda harus meletakan si buah hati dengan posisi tiduran terlentang di kasur atau mat. Langkah selanjutnya, bunda dapat memulai melakukan pijatan dengan mengusap perut si buah hati membentuk lingkaran memutar searah jarum jam. Lakukan berulang untuk membuatnya nyaman dan dapat sendawa atau buang gas. Teknik pijatan yang kedua juga dalam posisi terlentang, bunda dapat menggerakan kaki si buah hati dengan gerakan seperti mengayuh pedal sepeda selama beberapa saat. Gerakan ini juga cukup efektif. Bunda juga bisa menelungkupkan si buah hati dan mengusap punggungnya searah untuk mengeluarkan gas.

2. Tepukan

Teknik selanjutnya adalah dengan cara tepukan. Untuk mengeluarkan gas yang ada di perut si kecil, bunda dapat menggendong nya dengan posisi berdiri dan menepuk punggungnya secara perlahan dan biarkan dia untuk mengeluarkan gas dengan sendawa. Ini merupakan teknik yang paling sering dilakukan.

Cara Pencegahan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Selain cara mengatasi perut kembung pada bayi, cara pencegahan juga penting. Salah satu pencegahan yang efektif adalah dengan memperhatikan detail kecil saat memberikan susu pada buah hati. Pastikan cara yang anda lakukan sudah benar, cara memberikan susu terutama menggunakan dot yang kurang tepat dapat menimbulkan gas yang menbuat bayi menjadi kembung. Pilih dot dengan lubang yang tepat agar tidak menimbulkan gas pada saat digunakan. Jika si kecil mulai mengkonsumsi MPASI pastikan dietnya tidak berlebihan karena hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab timbulnya gas pada perut si kecil. Makanan yang mudah menimbulkan gas seperti beberapa sayuran harus dikonsumsi dengan porsi yang pas.

Itu tadi beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi dan pencegahannya. Pastikan juga menjaga si buah hati tetap hangat dengan rangkaian produk Zwitsal agar terhindar dari kembung yang disebabkan oleh udara dingin. Apalagi cuaca sekarang ini tidak menentu yang dapat menjadi pemicu beberapa penyakit pada si kecil. Lindungi buah hati bunda dengan menjadi bunda yang cerdas dan cekatan serta mampu mengatasi si kecil yang rewel karena kembung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *