manasik umroh

manasik umroh

Saat melakukan ibadah umroh ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Itulah kenapa mempelajari manasik umroh dengan benar sangatlah penting. Menghindari hal-hal yang dilarang saat umroh dapat menyempurnakan ibadah sehingga Anda bisa meraup pahala lebih banyak. Lalu apa saja yang harus dihindari saat melakukan umroh?

Ada perbedaan antara pria dan wanita dalam hal larangan manasik umroh, karena itu masing-masing harus memahami larangan tersebut. Pria dilarang memakai pakaian yang berjahit karena pakaian pria hanyalah dua lembar kain yang tidak dijahit. Alas kaki yang digunakan pun tidak boleh sampai menutupi mata kaki, entah itu sandal atau sepatu. Kepala juga tidak boleh ditutup dengan sesuatu yang melekat di kulit seperti misalnya sorban atau topi. Jika hanya memakai payung yang sifatnya berada diatas kepala, tidak melekat maka diperbolehkan.

Manasik Umroh Berkaitan dengan Larangan

Bagi wanita dilarang menutup telapak tangan maupun wajahnya karena keduanya merupakan pengecualian dari aurat. Seluruh tubuh harus ditutup dengan baik kecuali kedua bagian tersebut. Diantara perbedaan yang berbeda-beda tersebut, ada beberapa perbedaan yang berlaku untuk pria dan wanita tanpa pengecualian. Baik pria maupun wanita dilarang memakai parfum atau wangi-wangian selama beribadah umroh. Satu-satunya kondisi dimana keduanya dibolehkan memakainya adalah saat sebelum ihrom. Itupun wangi-wangiannya harus kering sebelum pakaian dikenakan.

Selain itu, membunuh hewan pun dilarang apapun cara yang digunakannya. Jangankan membunuh, mengganggu hewan saja tidak boleh. Bukan hanya binatang, namun tumbuhan juga tidak boleh dirusak. Selama beribadah umroh hendaknya Anda tidak memotong kuku maupun memotong bulu badan termasuk rambut. Bagi suami istri yang pergi umroh bersama sebaiknya menahan diri untuk tidak bercumu maupun berjimak selama disana. Melakukan pernikahan, melamar atau bahkan menikahkan orang lain selama Anda masih beribadah umroh pun tidak diperbolehkan. Satu lagi yang tidak boleh dilakukan adalah bertengkar serta mengucapkan kata kotor pada orang lain. Manasik umroh dalam hal larangan-larangan tersebut hendaknya disampaikan oleh pihak agen yang menyediakan jasa travel umroh. Abutours sebagai salah satu travel umroh terpercaya dapat dijadikan pilihan agar Anda melakukan ibadah umroh dengan nyaman. Dengan memilih agen terpercaya, Anda bisa berinvestasi untuk melakukan perjalanan umroh hingga sampai ke rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *