Program Perumahan Murah - Perumnas

Pemerintah telah siap untuk dapat memberikan bantuan subsidi sebesar 25% dari harga perumahan murah untuk masyarakat yang mempunyai penghasilan rendah yang tentu saja bekerja di sektor informal seperti pedagang, nelayan dan juga petani. Syaratnya, masyarakat harus mempunyai tabungan yang sudah terisi minimal 5% dari harga perumahan murah tersebut. Sementara 70% selebihnya dapat ditutupi melalui pinjaman bank yang tentu saja telah bekerjasama dengan pemerintah di dalam menjalankan program satu juta rumah yang murah. Jenderal pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan juga perusahaan rakyat mengatakan skema baru pemberian subsidi rumah yang murah tersebut berbasis tabungan akan dimulai pada tahun ini dengan skema tersebut perbankan tidak akan kesulitan lagi ketika menilai kelayakan kemampuan finansial kita yang ingin mempunyai rumah murah.

Program Perumahan Murah - Perumnas

Pembiayaan Perumahan Murah

Kesulitan perbankan masyarakat informal itu tidak ada informasi namun jika kita menabung setiap bulan tentu saja kan kelihatan pendapatan yang telah ditawarkan oleh tabungan Perumahan Rakyat dimana uang tabungan akan disetorkan oleh pemberi kerja dan juga bekerja serta baru dapat dimanfaatkan setelah peserta menabung selama 1 tahun. Pemerintah akan melakukan uji coba dengan cara memberikan bantuan pembiayaan perumahan murah yang berbasis tabungan kepada 5000 calon penerima bantuan di 6-8 Kabupaten ataupun kota yang ada di Indonesia. Kemudian pada tahun 2018 nanti akan ditingkatkan menjadi 35000 penerima bantuan dan pada tahun 2019 akan ditingkatkan lagi menjadi 40000 sampai 50000 penerima bantuan.

Rencananya untuk dapat menjalankan program ini selama periode tahun 2017 sampai 2019 pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar yaitu 3 triliun. Ada dua bank plat merah yang sudah bersedia untuk berpartisipasi untuk bisa menyukseskan program ini yaitu PT Bank Tabungan Negara dan juga PT Bank Rakyat Indonesia. Jadi yang sudah mau ikut untuk sebuah kegiatan ini ada dua bank yaitu BRI dan juga BTN. Terkait kisaran harga rumah dan juga besaran pendapatan bulanan peserta hal ini masih dikaji. kemungkinan, pendapatan maksimal perbulan calon peserta program ini tidak lebih dari 6.000.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *